Senin, 28 September 2015

Student Exchange Program 2014

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum :)
Apa kabar? Sudah lebih dari setahun ya tidak menulis disini. Mohon maaaf sekaliii yaaa. Hehehe. Untuk pos hari ini, saya akan mencoba “membayar hutang” cerita dan pengalaman saya selama mengikuti pertukaran pelajar di Turki. Mohon maaf juga telah menunda menulisnya sudah lebih dari satu tahu hehehe :D

Kok bisa ikutan pertukaran pelajar? Nah iya, pertukaran pelajar ini dilaksanakan setiap tahun oleh IPSF (International Pharmaceutical Students Federation), yaitu himpunan mahasiswa farmasi internasional yang mewadahi kegiatan mahasiswa farmasi se dunia, salah satu programnya adalah pertukaran pelajar. Sebenarnya saya hanya coba-coba saja mengikuti program ini. Mulai dari daftar awal hingga akhirnya ditempatkan di University of Ankara, Turki. Proses pendaftaran hingga kepulangan sangat dibantu oleh SEO (student exchange officer) HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi ‘Ars Praeparandi’ ITB) dan SEO Ankara, dan teman-teman dari PPI Turki.

Visa Turki 25 Juni-25 Agustus 2014
Mengapa Turki? Awalnya saya diberi kesempatan untuk memilih 3 negara tujuan, yaitu Jerman, Turki, dan Korea. Sampai pada akhirnya, di bulan Februari kalau tidak salah, SEO Turki menjadi negara pertama yang memberi respon terkait pendafataran tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih Turki sebagai negara tujuan, setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangannya adalah karena ada 3 orang adik kelas SMA yang saya kenal tengah menuntut ilmu di Turki. Mereka sangat senang mendengar kabar keberangkatan saya ke Turki. Saya merasa tidak sendiri dan semakin yakin memilih Turki sebagai negara tujuan.

Acaranya berlangsung dari tanggal 1 hingga 20 Juli, di University of Ankara, kota Ankara, Turki. Keberangkatan dari Indonesia tanggal 28 Juni 2014 dan kepulangan 31 Juli 2014.

Nah mungkin pembukanya cukup sekian ya, berikut gambar dan captionnya J Selamat menikmati :)
Bandara Soekarno-Hatta, 28 Juni 2014
Guven Park, Ankara, 29 Juni 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Idemu, memberiku inspirasi baru