Jumat, 01 Oktober 2010

Blackghost

Tadi pas lagi chat di YM, salah satu teman saya yang rada eksotis membicarakan binatang peliharaannya yang sudah lebih dari 1 minggu gak mati-mati (izuul_kasep, red.). Ialah ikan blackghost yang nama dan wujud aslinya sebenernya kurang cocok.



Ikan Black Ghost (Apteronotus albofrons), berasal dari sungai Amazone, Brazil, Amerika Selatan. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan setan (ikan hantu), namun julukan ini sebenarnya kurang tepat, karena penampilan ikan hias ini tidak menakutkan, tetapi justru mempesona penggemarnya. Tubuhnya berwarna biru kearah ungu tua hingga kehitaman dan kadang-kadang terlihat hitam pekat. Ciri fisik lainnya adalah terdapat beberapa goresan atau garis putih pada bagian ekomya dan garis putih dari dahi hingga ke dagu (leher). Bentuk tubuh black ghost seperti pipa pipih dengan panjang 26-48 cm.

Ikan ini dicirikan dengan bersatunya sirip dada dan sirip perut. Sirip yang menyatu ini memanjang dari dada hingga pangkal ekor. Pada saat berenang atau ada aliran air, sirip ini berkibar-kibar sehingga membuat daya tarik tersendiri. Walaupun bertubuh hitam, ikan ini mempunyai sifat yang baik, tenang, tidak galak dan tidak suka mengganggu ikan lainnya. Sehingga dapat hidup tenang jika dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Aktivitas ikan ini lebih banyak dilakukan di malam hari (nokturnal), sehingga pada siang hari ikan ini lebih suka bersembunyi di bebatuan, daun-daun, akar tanaman, atau benda lainnya di dasar sungai. Dilihat dari kebiasaan berenangnya, ikan ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar sungai. Namun yang masih kecil akan berenang ke atas dan ke bawah perairan dengan lincahnya.
Pemasaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan jenis ikan yang diekspor dan harganyapun cukup tinggi.*)

source:
http://ikan-ikan-hias.blogspot.com dan http://mig33vvip.blogspot.com

*)Sekedar informasi, menurut penuturan teman saya, ikan jenis ini dapat ditemui di muara (jalan BKR, Bandung) dengan harga Rp5.000/ 2 ekor. Murah bukan? (ini bukan promosi,hehehe, just info,red.).


Kepikiran pengen beli, tapi gimana ngurusnya coba? ngasih makannya? aku aja suka lupa makan, ntar yang ada malah mati kelaperan tuh ikan. Atau, saya titip saja pada teman saya tadi ya? boleh juga.. kita lihat nanti B-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Idemu, memberiku inspirasi baru